Sama seperti sepatu lain, sepatu kulit juga membutuhkan perawatan agar awet dan tetap terlihat seperti baru. Walaupun sepatu Justin Otto dirancang agar tahan lama, ketangguhan sebuah sepatu tidak tergantung pada sepatunya saja. Jangan khawatir, kalau ini pertama kali kamu memiliki sepatu kulit dan tidak tahu cara merawatnya, kami sudah mengumpulkan tips dan cara merawat sepatu kulitmu!

  1. Be Gentle

Untuk menjaga tekstur kulit sepatumu, gunakan sikat halus dan kain halus yang lembab (lembab, jangan terlalu basah!). Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada sepatu dengan sikat halus, lalu usap sepatu dengan kain lembab secara merata. Kalau ada noda lumpur atau air yang bandel, campurkan dua bagian air dengan satu bagian cuka dan usap campuran tersebut dengan kain lembab.

Bila permukaan sepatu terlihat terlalu basah, gunakan kain halus kering lalu biarkan sepatu kering dibawah sinar matahari di ruang terbuka. 


  1. Gunakan Kondisoner 

Ternyata tidak hanya rambut kita saja yang membutuhkan kondisioner, sepatu kulitmu juga butuh kondisioner. Kondisioner sepatu dapat menjaga kelenturan dan kekinclongan sepatu kulit. Kondisioner sepatu dapat digunakan setelah sepatumu bersih dan kering dengan cara disemprot atau diusapkan merata ke seluruh permukaan sepatu menggunakan kain bersih dengan gerak melingkar. Berikan sepatumu kondisioner satu atau dua bulan sekali saat musim kering / panas, namun lakukan lebih sering saat memasuki musim hujan. 

Kamu bebas menggunakan kondisioner sepatu apa saja, namun gunakan kondisioner dengan warna yang serupa dengan sepatumu untuk hasil yang lebih maksimal! 


  1. Semir dan Sikat 

Setelah membersihkan dan memberikan kondisioner pada sepatu, jangan lupa tahapan yang satu ini. Menyemir dan menyikat sepatu kulitmu akan membuat sepatumu terlihat seperti baru setiap hari dan walaupun tahapan ini memakan waktu lama, sebenarnya tidak sesusah yang kamu bayangkan. 

Gunakan sikat halus dan semir yang sesuai dengan warna sepatumu. Setelah disemir dengan sikat halus, biarkan sepatu kering dan bersihkan sisa-sisa semir yang berlebih menggunakan kain halus yang bersih. Kamu bisa ulangi penyemiran sepatu untuk hasil yang lebih maksimal, namun jangan terlalu sering karena setiap kali semir sepatu harus dikeringkan dibawah sinar matahari di ruang terbuka terlebih dahulu! 


  1. Simpan dan Gunakan dengan Baik. 

Sebaiknya sepatu kulit disimpan di tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang bagus agar tidak lembab dan agar permukaan sepatu selalu terjaga. Bila diletakan di rak sepatu, berikan jarak antara sepatu kulitmu dengan sepatu lainnya agar tidak tertindih oleh sepatu lain dan masukan silica gel atau koran bekas yang diganti secara berkala ke dalam sepatu untuk menyerap bau dan udara lembab. 

Kamu juga dapat menggunakan kotak sepatu atau memasukan sepatu ke dalam tas kain agar warna sepatu tidak cepat pudar dan tidak langsung terpapar panas matahari kalau tidak dipakai. Untuk menjaga profil dan bentuk sepatu, gunakan pengganjal yang dapat menyerap bau dan udara lembab seperti kayu aras.

Jangan dibiarkan tersimpan begitu saja tapi, gunakan sepatu kulitmu kalau pergi keluar dan keluarkan dari kotak / rak sepatu dua minggu sekali supaya permukaanya tetap kering dan terjaga dalam suhu udara normal.


  1. Alam Adalah Teman Terbaik Sepatumu

Mengambil ‘jalan pintas’ seperti menggunakan hairdryer untuk mengeringkan sepatu atau sabun biasa saja untuk membersihkan sepatu mungkin terlihat mempermudah proses perawatan sepatu, namun sebaiknya dihindari. Jangan takut untuk menggunakan sepatumu di luar sana, karena dunia luar adalah teman sepatu dan teman terbaik sepatu kulit Justin Otto! 


Dilansari dari: The Gentleman's Journal dan Liputan 6